Minggu, 27 Januari 2013

First Feeling



Assalamualaikum... hai-hai jumapa lagi ma'i, sama akyu, sama gue... yang sudah lima bulan tenggelam dari peradaban dunia maya yang suku maya tak punya ramalan utntuknya..

Sebelumnya, ana pengen tanya nih, enaknya pake LG-an (Loe Gue) apa ana anti ente, aku kamu, saya dan anda?
Pakek LG an gimana? gapapa yaw, kangen nih mumpung kismu-l-lughoh-nya lagi liburan dan tak bertugas okok ^^v

Nah, buat loe temen-temen SMP gw yang lama nggak juma ma gw, yang gw tinggal tanpa pamitan, hiks so sory pastinya pengen tahukan gimana kabar gw. hweheehehe (ketawa gendruwo)
Dan buat loe semua yang pengen baca tulisan ini, ahlan aja okey. And specially, for all of the tags here. Al-Mahbub/ah, Al Mukarram/ah, Al Mahir/oh, all of my senior. Nggak terima di tag, silahkan balang saya dengan durian :p

Sebagai seorang siswi tamatan SMP tulen-len-lenlen, awalnya ngerasa minder buat belajar di pondok. Gimana nggak? Saingannya, beuh, banyak dari lulusan ma'had alumni, seperti Darussalam Garut, Al Mawaddah, Al Muqoddasah(Samping Po), Madina (Lampung) de el el. Banyak banget pokoknya.

Capel(Calon Pelajar), gw masuk kelas C5.. kelas C yang bener-bener akhiron, meskipun dibawahnya masiha ada E sie ^^. Kelas gw kelas ekonomi, tak be-AC, tak berpintu, tak berjendela kaca, beratapkan seng, satu kelas dihuni oleh 60 warga sipil, betapa pansanya tapi pastinya lebih panas api neraka. Di situlah pertama kalinya gw menggoreskan pena buat nulis huruf hijaiyyah pakaian Al-Qur'an nan suci itu, belajar Al Imla' beserta kaidahnya. Mungkin bagi mereka yang lulusan ma'had alumni, menulis huruf hijaiyyah seperti itu adalah hal yang super duper gampangnya. Tapi buat gw, itu adalah perjuangan yang mati-matian sampai keringat dingin selalu menetes setetes demi setetes ketika Al Ustadzah mendektekannya untuk kami.

And, segala puji memang hanya milik Allah, dengan belajar tanpa kenal waktu, yang penting belajarrr aja, akhirnya pelan pelan pena gw otomatis mampu menuliskan apa yang didektekan ustadzah dalam kaidah al imla' dan khat yang benar. yeyeye plokplokplok. Alhamdulillah, gw lulus ujian masuk dengan nilai imla' yang gw kagak tahu di mana rimbanya. And u know, how about the mark on my report of mental? tis'ah for Al Imla'. sumpah nggak nyangka. And I only can say "Alhamdulillahirobbil'alamiin"

Resmi menjadi santriwati KMI (Kulliyatu-l-Mu'allimat-Al-Islamiyyah) dengan name tag berwarna biru, warna kelas 1 intensive menghiasi kerudung putih gw berteman dengan lencana OPPM(Organisasi Pelajar Pondok Modern). Gw belajar di kelas 1 intensive C bersama wali kelas pertama gw. Al-Ustadzah Umma Fatayati S.Pd.I.. Ustadzah yang luar biasa sabar buat ngadepin kita-kita. Ustadzah yang telah mengajarkan gw arti kepemimpinan. Bahwa menjadi seorang pemimpin harus kebal dengan apa pun, entah itu rasa tidak suka dari anggota tentang cara kepemimpinan kita, “kok kayaknya si Fina itu nggak menonjol sih..” saat anak kelas lain mengomentari kepemimpinan gw sebagai ro’isah ta’alum (ketua belajar) 1 intensive C, “apa urusan loe, loe nggak pernah tahu gimana gw di kelas komen nggak jelas gitu..” batin gw ketika seseorang menyampaikannya ke gw. Bukannya gw nggak mau dikritik, hellow, masalahnya dia itu nggak begitu deket ma gue, anak kelas lain lagi, mana tahu gimana gw.

Dan tanggungjawab, loe tahu, setiap anggota gue yang salah, pastinya yang kena sasaran kemarahan ustadzah adalah ro’isah ‘ammah (gw n temen gw yg satunya, tapi lebih sering gw). Hampir tiap hari gw kena marah. Apa lagi ketikan imtihan (ujian), jadwal belajar 1 intensive C di depan kamar ustadzah ba’da aql, jam 2 siang sampai jaras (lonceng)shalat ashar. Ba’da shalati-l-ashri jam setengah 5 sampai jaras maghrib jam 5. Ba’da muwajjah malam pukul 10 sampai sepuasnya deh. Dan kalau kita telat datang bahkan nggak dating.. wush intabihi!!! Aaa, gw yang kena!!!

Yah, gitu deh… manis benget deh pokoknya…

To’to’an, itu juga pertama kalinya gw rasain di ma’had. Di SMP mana ada, nggak banget deh kalau di SMP to’to’an, diketwain. Kenapa di ma’had lebih sering to’to’an dari pada di SMP (Bahkan di SMP nggak pernah sama sekali)? Katanya, katanya lhoo, katanya di SMP itu kita sekelas barengan ama ehm, pasti loe tahulah, jadinya kita malu kalau to’to’an. Nah, disamping itu juga karena bisa nyambi-nyambi buka hp waktu jam pelajaran kali ya kalau ngantuk di SMP, terus juga malemnya nggak tidur terlalu larut seperti di ma’had.

And awesome itu ketika malem tanggal 1 Januari di pondok, baru sekali itu gw ngerasain sepinya malem tanggal 1 Januari. Begitu jam 12 malem ustadzah pengasuhan langsung daur memastikan tak ada santriwati yang keluar kamar untuk hanya sekedar menyaksian kilauan kembang api. Tapi jam segitu sih gw baru pulang dari belajar, jadi ya ngelirik-ngelirik dikit. Belakang ma’had kan Gunung Lawu tuh, beruntung dapet maskan(asrama) di belakang jadi pulang-pulang bisa ngeliat deh Gunung Lawu nyala semua… so sweet..

Belajar di ma’had selalu diuji ke istiqomahannya. Kemarin baru saja pengumuman perpindahan dari Gontor Putri 2, dan loe tahu gw dapet di Gontor Putri berapa? Gontor Putri 5, Kemiri, Kandangan, Kediri, Jatim. Jauhhhhhhh, mblusuk-mblusuk lagi huaaa…

Dan yang bikin TB (Tekanan Batin), ketika simbah nanya,” kok dipindahnya jauh sih, apa karena kamu kurang pinter?” terus ada lagi orang yang bilang, “nggak papa belajar terus supaya bisa pindah ke Gontor Putri 1”

Huaaa, plis deh, jangan samakan Gontor Putri dengan Gontor Putra. Gontor Putra memang diurutkan berdasarkan nilai. Tentunya PO1 lah yang paling tinggi. Tetapi Gontor Putri tidak. Pondok pusat dan cabang disamaratakan tholibahnya. Ketika ia ditempatkan di pondok cabang, maka selamanya sampai ia lulus ia akan tetap di situ tidak bisa berpindah-pindah seperti Gontor Putra. Ya meskipun nilai Lughoh Arobiyah gw nggak begitu memuaskan.. ^^ And gw sedih banget ketika Ustadzah Umma nulis gini di note book gw “Fina, ntar kalo usth nggak bisa ke sana maafin ustadzah ya… karena terlalu jauhh… Usth harap Fina tetap jadi anak yang rajin dan selalu ingat kata-kata ustadzah ya.. usth mau liat Fina Yudisium bareng-bareng 1 int C 2013 kelak…”
Huaaaa, sedih bangettt, yang di GP 3 bakal dijenguk tiap hari jum’at, yang di GP 1 tiap hari, yang di GP 5????

Cukup sekian dulu deh pengalaman gw.. masih banyak sih sebetulnya.. sekarang adalah sesi tanya jawab, silahkan bertanya bagi yang ingin bertanya, dan silahkan berkomentar bagi yang ingin berkomentar…

Thanks dah mau baca, doakan gw tetep istiqomah menempuh jalanan terjal menuju Gontor Putri 5 okey!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar