Jumat, 10 Agustus 2012

Jatuh Hati Pada Cover Dilema (Giveaway #DilemaKuis)


Assalamualaikum...
Yup, mari langsung saja kita mulai...
Khrk, khrm...

Kenapa saya tertarik ingin membaca novel Dilema? Jawabannya adalah tak lain dan tak bukan berkat kerja keras dari seorang desainer cover novel tersebut yang saya belum tahu siapa. Memang ada pepatah mengatakan "Don't jugde a book by its cover". Tapi dalam dunia pemasaran buku, peran cover sangat penting. Seperti yang pernah saya baca pada sebuah artikel yang terdapat di blog penulis sekaligus editor Fachmy Casofabahwa bagian yang pertama kali dilihat oleh calon konsumen(pembaca) dari sebuah buku adalah covernya. Ketika buku dijajarkan di toko buku bersama buku-buku lainnya calon konsumen(pembaca) hanya akan melihatnya secara sekilas. Nah, di sinilah seorang desainer cover ditantang untuk membuat cover secantik dan semenarik mungkin agar sekilas dilihat calon pembaca bisa suka dan tertarik memegangnya. Begitu dipegang, "Eh, Alvi Syahrin penulisnya. Kayak kenal deh, beli ah."

Jadi, yang pertama berkat cover. Akhir-akhir ini penerbit bukune sedang asyik berjibaku dengan naskah-naskah novel romance yang manis, alhasil desain covernya pun harus semanis isinya. Di manakah letak manis dari desain cover ini? Saya suka desainnya yang tidak terlalu ramai, simple tapi penuh makna. Kalau boleh saya menafsirkan sendiri, tiga burung itu adalah Estrella, Kira, dan Adri. Di sana juga ada bunga matahari yang sedang bermekaran semekar cinta di anatara mereka bertiga. Warna judul, sub judul, dan penulis semerah warna hati, warna merah hati, like it. Latarnya warna cream, bukan warna yang mencolok, sangat-sangat suka :)

Yang ke-dua, bukune bukanlah sembarang penerbit. Banyak konsumen menyukai tulisan-tulisan naungan bukune. Jadi, pastinya dan yang paling utama karya Alvi Syahrin ini bukan karya sembarangan, bukan tulisan asal-asalan. Entah, tak peduli perjalanan novel ini akan berakhir sedih atau bahagia, saya hanya ingin merasakan manisnya cerita dalam novel ini.

"Semanis covernya, semanis isinya
 Semanis isinya, semanis covernya"

Semoga...







3 komentar:

  1. Alvi Syahrin, bukan Alvi Sayahrin. :))

    Adri, bukan Andri. :))

    *

    Btw, kamu pinter nih ngartiin cover. :D Desainer covernya Mbak Gita Mariana. :)

    Dan, insyaAllah, buku ini semanis covernya. :P

    Thanks ya sudah ikutan #DilemaKuis! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh iya, Alvi Syahrin.. maap jarinya nge-hang.. ^^v

      untung nggak jadi Alvina ya.. wkwkwk

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus